Istilah CPM dan CPC di Facebook Advertising

PromotedPost

Bagi anda yang ingin beriklan dengan menggunakan Facebook ads, mungkin masih ada yang bingung dengan sistem perhitungan biaya iklannya. Bahkan ada yang bertanya kepada saya bagaimana cara facebook menghitung biaya iklannya. Padahal jika anda tidak tahu mengenai hal itu anda dapat kebobolan banyak uang jika tidak digunakan pada waktu yang tepat.

Facebook ads menghitung biaya iklan berdasarkan 2 hal yaitu CPC dan CPM. Apa maksudnya?

CPC ( Cost Per Click) artinya anda harus membayar setiap terjadi klik pada iklan anda tidak termasuk jumlah pembeli yang order lewat iklan anda.

CPM ( Cost per mile) artinya anda harus membayar setiap terjadi 1000 impression atau 1000 kali tayang.

CPC ( Cost Per Click )

bayar per klik

Berdasarkan kedua gambar diatas sebenarnya kita tidak bisa menentukan harga bid yang paling tepat karena itu akan otomatis by facebook sesuai dengan bagus atau tidaknya iklan kita.  Tapi kita tetap dapat menentukan bidding yang nantinya akan digunakan facebook sebagai patokan.

Ketika kita membuat iklan misal CPC, Facebook akan memberikan range suggest perkiraan biaya iklan misalnya antara $0.5 – $1.0 dan anda akhirnya membidding $0.75. Maka $0.75 inilah yang akan digunakan sebagai refrensi facebook untuk menayangkan iklan anda .

Tapi apakah biaya itu akan fix? tentu tidak.. dalam kasus diatas $0.75 hanya batas kemampuan anda untuk membayar facebook dan facebook akan berusaha untuk memenuhi keinginan pengiklan bahkan jika iklan anda bagus harga akan diturunkan otomatis oleh Facebook.

CPM ( Cost Per Mile)

bayar per mile

Apa itu Impression?

Impression adalah tayang, jadi berapa kali iklan anda ditayangkan . Dalam hal ini facebook lebih baik karena sudah bisa menentukan Reach atau jumlah orang yang melihat iklan kita. Mungkin bagi beberapa orang ada yang bingung apa perbedaan impression dan reach.

Impression itu lebih kearah jumlah banyaknya iklan ditayangkan tidak perduli apakah yang melihat iklan itu orang yang sama.

Contoh :

Andi melihat iklan anda sebanyak 5 kali, Tono melihat iklan anda sebanyak 2 kali, maka impression = 7 dan Reach = 2.

Jadi yang membedakan dengan CPC, anda tidak dibayar berdasarkan klik tapi berdasarkan berapa kali iklan di tayangkan. Misalnya anda menentukan budget $0.5 per CPM, maka anda harus membayar $0.5 setiap 1000 kali tayang tidak perduli berapa banyak klik yang terjadi dalam 1000 kali tayang tersebut.

Artinya semakin tinggi CTR klik iklan anda, penggunaan CPM akan semakin baik.

Mana yang Paling Baik antara CPC dan CPM

Tidak ada yang paling baik diantara keduanya, sebenarnya semua tergantung dari apa yang anda iklankan. Hasil terbaik selalu ditentukan berdasarkan testing atau ujicoba. Setiap anda mulai iklan, selalu cobalah dengan menggunakan CPC dan CPM. Perhatikan iklan mana yang memberikan harga lebih murah.

Contoh :

Iklan A anda iklankan dengan budget $1/ hari untuk CPC dan $1/hari untuk CPM. Perhatikan jumlah klik yang terjadi diantara CPC dan CPM tersebut. Jika CPC dengan $1 mendapatkan 50 klik dan $1 CPM mendapatkan 100 klik. Maka anda putuskan untuk menggunakan CPM.

Baiklah itulah beberapa penjelasan singkat mengenai perhitungan biaya iklan di Facebook. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Sumber

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s