Edifikasi Dalam MLM.. Perlukah?

Teamwork

Edifikasi… pasti yang sudah pernah bermain di MLM tau artinya.

Saya coba googling, ada yang mendefinisikan seperti ini :

Edifikasi atau talk nice bicara yang baik dalam arti sempit, sementara dalam arti lebih luas edifikasi adalah berpikir, bersikap, dan berkata positif. Kerendahan hati, tidak jumawa, tidak sombong, menghargai, menggunakan power atau meminjam power manakala kita tidak memiliki power untuk mendorong maju orang lain, menekuk ego atau mengendalikan ego yang dilakukan dengan tulus. (sumber).

Dalam kenyataannya, saya melihat dan merasakan bahwa edifikasi yang ada di MLM sepertinya dipaksakan. Di depan seorang calon member, upline berbuat seolah olah sangat baik dan hormat kepada downline nya dengan tujuan untuk mencari simpati agar calon member jadi tertarik. Padahal pada kenyataannya tidak seperti itu ketika tidak ada calon member. Pernah saya menyaksikan, saat seorang downline sedang melakukan presentasi kepada beberapa calon member, sang upline sampai membantu membawakan tas dan dokumen. Sekilas terkesan, betapa rendah hatinya seorang upline ini sampai mau maunya membawakan seperti itu. Padahal setelah menjadi member, maka mereka akan dihadapkan pada pasal pasal yang mewajibkan sang member untuk menerapkan edifikasi ini.

Saya bukan bermaksud membanggakan ABEnetwork, karena saya merasakan hal yang berbedaa. Sekali lagi, ini adalah penilaian pribadi saya sendiri dan tidak ada niatan apapun. Di ABEnetwork, tidak ada yang namanya edifikasi sehingga tidak ada keharusan apapun untuk menarik simpati dengan cara tersebut. Dan dalam pandangan saya, justru kelebihan dari cara ini adalah rasa simpatik itu akan tumbuh dengan sendirinya dan ini terbukti saat saya melakukan sebuah training dan halal bihalal. Tidak ada prosesi edifikasi di dalam kegiatan tersebut, dan semuanya berjalan natural. Mungkin edifikasi akan memberikan dampak psikologis tertentu pada calon member, sedangkan di ABEnetwork dampak psikologisnya akan timbul dengan sendirinya. Disini, rasa kekeluargaan dan teamwork akan muncul dan menjadi lebih kuat lagi.

Sekali lagi, setiap orang berhak menentukan, apakah edifikasi itu perlu atau tidak, nyaman atau tidak. Tetapi setidaknya, saya sudah menentukan pilihan dimana saya nyaman menjalankan bisnis MLM yang satu ini tanpa terkungkung oleh aturan aturan baku edifikasi. Prestasi yang saya peroleh disini adalah dari kerja keras, bukan dari rasa iba dan simpati orang yang terkesan dibuat buat.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to Edifikasi Dalam MLM.. Perlukah?

  1. Yudyastawa says:

    Mohon maaf, mau ikut nimbrung dari perspertif bahwa edifikasi itu perlu dilakukan, yaitu : bahwa MLM dijalankan oleh semua lapisan masyarakat dengan berbagai level pendidikan. jika seseorang dengan pendidikan yang tinggi, financial cukup, populer, good looking, jabatan tinggi, maka tidak perlu mendapatkan edifikasi juga udah cukup. Bagaimana dengan seseorang yang baru mulai bisnis MLM? dia perlu mendapatkan edifikasi, karena edifikasi ini tidak boleh “ditelan” sendiri. harus dilakukan edifikasi balik kepada yang meng-edifikasinya.
    Dikatakan bahwa edifikasi dilakukan dengan tulus. Jika ternyata di kesempatan lain mereka tidak saling edifikasi lagi maka syarat ketulusan di sini menjadi tidak terpenuhi. maka disarankan lakukan saja sampai pada saatnya tau maksudnya dan mendapatkan manfaatnya sehingga dengan sendirinya seseorang menjadi dengan tulus menjalankan edifikasi .

  2. Yudyastawa says:

    Tambahan : bagaimana dengan seseorang yang tidak memiliki point-point seperti yang disampaikan di atas dan dia juga baru mulai bisnis MLM? mereka perlu dibantu dengan saling edifikasi ini, karena memberi uang tidak akan membantu… justru akan merusak harmonisasi kelompok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s